BAB 3
Sistem Komputer
A. Gerbang Logika
1.Gerbang logika OR
Gerbang OR dapat menerima dua atau lebih input data dengan satu output.
2.Gerbang logika AND
Gerbang logika AND dapat menerima dua atau nilai input dengan satu output.
3. Gerbang logika NOT
Gerbang logika NOT atau inverter merupakan gerbang yang hanya bisa menerima satu nilai input dan menghasilkan satu output dengan nilai input-nya.
B.MIKROKONTROLER
1.Fungsi mikrokontroler
mikrokontroler berasal dari gabungan kata micro dan controller.
2.Arsitektur ATmega328p
Atmega328p merupakan salah satu mikrokontroler keluaran ATMEL yang menggunakan arsitektur RISC (reduse instruction set compute) dengan kelebihan ekseksi data lebih baik dibandingkan dengan arsitektrur CISC.
3.Arduino
Arduino merupakan rangkaian elektronika yang berbasis mikrokontroler ATmega328p keluarga atmel.
4.Pemrograman mikrokontroler pada arduino
Untuk melakukan pemrograman mikrokontroler pada arduino,anda harus memahami tentang konsep dan cara kerja penulisan kode program arduino.
5. Aplikasi arduino sederhana
Dalam materi ini, akan dijelaskan langkah-langkah menyalakan LED dengan arduiono.
C. Organisasi dan Arsitektur Komputer
Ketika anda melakukan browsing di internet, terlebih dahulu anda harus membuka aplikasi web browser seperti google chrome, mozila firefox, microsoft edge, atau lainnya.
1. Konsep oraganisasi komputer
Organisasi komputer meiliki pengertian sebagai keterkaitan setiap bagian-bagian dalam komputer.
2. Arsitektur komputer
Arsitektur komputer adalah ilmu yang membahas atribut sistem yang dirancang oleh programmer untuk mendapatkan hasil kerja yang optimal terhadap kinerja sebuah komputer.
Tiga level arsitektur jika lebih lanjut akan membagi komputer menjadi mesin enam level sebagai berikut.
a. Level 0 atau level logika digital
b. Level 1 atau level arsitektur mikro
c. Level 2 atau level arsitektur perangkat instruksi
d. Level 3 atau level sistem operasi
e. Level 4 atau level bahasa Assembler (bahasa rakitan)
f. Level 5 atau level bahasa tingkat tinggi
D. Perangkat Keras Komputer
1. Perangkat keras internal
a. Mainboard
b. CPU (Central processing unit)
c. Memori
d. Power supply
2. Perangkat Keras Eksternal
a. Machine readable
b. Human readable
c. Communications
Perangkat masukan dibedakan menjadi lima jenis, yaitu.
1. Perangkat masukan pengetikan
2. Perangkat masukan petunjuk (pointer)
E. Perangkat Lunak Komputer
1. Teknologi sistem operasi
2. Master boot record (MBR)
3. Instalasi windows 10
4. Partisi hard disk
5. Mengonfigurasi driver hardware
6. Software aplikasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar