BAB 2
Teknologi Informasi dan Komunikasi
A. Mahir Microsoft Word 365
1. Mengenal fitur office 365
Microsoft 365 merupakan produk layanan pengelolaan dokumen dengan office berbasis cloud computing, yang tidak membutuhkan instalasi pada komputer terlebih dahulu.
2.Lisensi microsoft 365
Microsoft selaku developer microsort 365 menawarkan beberapa paket lisensi berbahaya bagi para pengguna yang akan menggunakan fitur-fitur yang tersedia.
a.Kategori pelajaran dan pengajar
b.Kategori home
c.Kategori bisnis
3. Bekerja dengan microsoft word 365
Tampilan antarmuka microsoft word
a. Quick access toolbar
b. Ribbon
c. Perintah grup
d. Panel dokumen
e. Ruler
f. Tell me what you want to do
g. Microsoft account
h. Simplified ribbon
i. Scroll bar
j. Page dan word count
k. Document views
l. Zoom control
4. Menulis Paragraf dengan Word
Untuk membuat paragraf dengan Word, lakukan langkah-langkah berikut.
a. Login terlebih dahulu dengan akun yang pernah anda daftarkan.
b. Untuk pengaturan dokumen, gunakan ketentuan berikut.
1) Ukuran kertas = A4
2) Ukuran font = 12 pt
3) Jenis font = Arial
4) Spasi paragraph = 1,5 lines
5) Alighnment = Justify
6) Margin kiri = 3 cm (1,18'')
7) Margin kanan = 2 cm (0,79")
8) Margin atas = 3 cm (1,18")
9) Margin bawah = 2 cm (0,79")
c. Aturlah ukuran kertas dengna cara klik ribbon page layout - size, kemudian pilih A4.
d. Untuk menentukan jenis dan ukuran font, klik home - font, kemudian atau jenis font dan ukurannya sesuai ketentuan.
e. Atur lebar spasi antar baris dalam paragraph dengan klik home - grup ribbon paragraph - klik tanda panah kecil dipijok kanan bawah.
f. Selanjutnya, atur nilai spacing before = o pt, after = o pt, lain spacing = 1,5 lines, alignment = justified, kemudian klik oke.
g. Untuk mengatur margin kertas, klik menu page layout - margins - castom margins.
h. Ubah nilai margin atas, bawah, kiri, dan kanan seperti dalam gambar berikut.
i. Selanjutnya, ketikkan paragraf berikut.
j. Selamat, anda telah berhasil membuat dokumen untuk pertama kali.
5. Bekerja dengan teks
a. Buka kembali dokumen latihan1.docx yang sebelumnya telah dibuat dengan microsoft 365.
b. Blok judul paragraf sehingga menjadi tebal dan berwarna biru.
c. Untuk mengubah style teks menjadi bergaris bawah, gunakan kombinasi tombol Ctrl + U (atau tekanan ikon underline).
d. Untuk meng-copy dan mem-paste-kan teks, blog terlebih dahulu teks yang akan di-copy menggunakan Ctrl + C (tekan ikon copy).
e. Adapun untuk memindahkan teks tertentu, dapat dilakukan dengan cara cut dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl + X (ikon cut). Kemudian paste menggunakan Ctrl + V (ikon paste).
f. Jika anda membuat kesalahan dalam teks, anda dapat membatalkannya dengan fungsi undo (mengeklik ikon undo atau menekan tombol Ctrl + Z).
g. Berikt adalah beberapa kombinasi tombol yang dapat digunakan untuk melakukan pengeditan teks.
h. Untuk melakukan pencarian kalimat tertentu dalam sebuah dokumen, dapat menggunakan kombinasi Ctrl + F atau menggunakan shortcut view - navigation pane.
i. Pilih find, masukkan teks yang akan dicari.
6. Menambahkan Header dan Footer
Fitur header digunakan untuk menambahkan informasi dibagian paling atas dokumen, contohnya kop surat. Contohnya catatan kaki dan nomor halaman.
a. Untuk menambahkan header dan footer, klik ribbon view-header & footer atau bisa mengklik insert - header & footer.
b. Ketikkan ''Tutorial Pengenalan Komputer'' yang akan digunakan sebagai header.
c.`Selanjutnya pada footer, tambahkan nomor halaman dengan mengklik insert- page numbers.
d.pada microsoft 365, tampilan header dan footer memang tidak langsung terlihat, berbeda dengan word versi offlein.
7. Menambahkan tabel dan gambar ke dalam dokumen
Tabel merupakan susunan data dalam baris dan kolom.
a. Tambahkan tabel dengan 3 kolom dan 3 baris dibawah paragraf utama.
b. selanjutnya,buat disain dan konten dalam tabel.
c.untuk menambahkan gambar pada dua opsi yang dapat dipilih, yaitu secara
offlaen.
d. untuk mencari gambar secara online, klik insert - online pictures.
e. pilih salah satu file, kemudian klik insert.
B.Terampil microsoft excel 365
1. quick access toolbar
2. title
3. ribbon
4. ribbon group
5. formula bar
6. cell
7. column
8. row
9. scroll between worksheets
10. worksheets
11. scrooll bar
12. normal view
13. page layaut view
14. page break view
15. cell name
16. add new sheedt
17. microsoft search
18. account
Beberapa fitur microsoft excel, antara lain sebagai berikut.
1. Menggunakan dimensi baruis dan kolom excel
2. Membuat formula pada laporan penilaian (Ledger) peserta didik
3. Fungsi logika
4. Menggunakan fungsi SUM, AVERAGE, COUNT, MAX, dan MIN
5. Bekerja dengan grafik dalam excel
C. Menyajikan Presentasi dengan Microsoft PowerPoint 365
Microsoft PowerPoint adalah salah satu produk keluaran Microsoft yang dibuat untuk membantu user dalam menyajikan informasi berbasis multimedia, seperti gambar, teks, suara ataupun video dan animasi.
Penjelasan bagian-bagian Microsoft PowerPoint adalah sebagai berikut.
1. Quick access toolbar
2. File name
3. Ribbon menu tab
4. Scroll bar
5. Zoom
6. Slide show tool
7. Reading view
8. Slide sorter
9. Normal view
10. Language
11. Slide number
12. Slide navigation
13. Slide area design
14. Slide ruler
15. Top ruler
1. Membuat presentasi dengan powerpoint
2. Membuat efek suara dan animasi antar slide
D. Komunikasi Daring
1. jenis komunikasi daring
a. Komunikasi daring secara sinkron (serempak)
b. Komunikasi daring secara asinkron (tidak serempak)
2. E-mail
3. Aplikasi chat
4. Membuat blog dengan Wordpress
E. Teknologi Cloud
1. Membuat penyimpanan cloud
2. Membuat vlog di YouTube
3. Google form
4. Meneraapkan e-learning dengan google classroom
a. Electronic based e-learning
b. Internet based e-learning
Teknologi yang diterapkan dalam metode e-learning dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut.
1. LMS (Learning Management System)
2. LCMS (Learning Content Management System)
3. SLN (Social Learning Network)
F. Teknik Grafis dan Video Editing
1. Definisi dan konsep grafis
2. Teknologi Scanning dan Printing
3. Fotografi
4. Video Editing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar